FPIK UB bekerjasama dengan Scuba School International
Ditulis pada tanggal 19 January 2018, oleh admin, pada kategori Kegiatan

FDS bekerja sama dengan SSI menyelenggarakan sertifikasi selam untuk kohort 1 yang diselenggarakan pada tanggal 3-8 Januari 2018 di Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya. Anton Wijanarno manager MPA WWF Indonesia dan Hikmah Cut Ramadhana Assistant Technical Manager di Yayasan Misool Baseftin menjadi instruktur pelatihan dan sertifikasi FDS ini. Pratama Diffi Samuel dosen FPIK UB merupakan salah satu Dive Master FPIK yang ikut serta menjadi instruktur sertifikasi. Pelatihan sertifikasi berlangsung selama 5 hari yang terdiri dari Academic Session, Pool Training dan Open Water Session.

Academic Session berisi tentang pengenalan dasar dan pengenalan alat scuba diving, hal ini berguna agar peserta mengetahui dasar dan mengenal alat sebelum mereka praktek langsung di lapang. Instruktur akan mempelajari mengenai prinsip dasar dan prosedur dalam Scuba Diving. Peserta juga akan mempelajari mengenai efek tekanan terhadap tubuh manusia, tata cara merencanakan penyelaman yang baik dan aman, serta memilih dan memelihara peralatan selam. Instruktur menggunakan teknologi multimedia dalam melaksanakan presentasi pengetahuan akademis penyelaman yang lebih efektif. Diakhir diving course, peserta akan menempuh ujian akhir untuk mendapatkan sertifikasi.

Pool Training peserta bersama instruktur akan berlatih dasar-dasar keterampilan menggunakan peralatan Scuba diving dalam lingkungan di kolam renang. Pada tahap ini peserta akan mempelajari tentang bagaimana caranya merakit peralatan selam, membersihkan mask dari air, simulasi mengendalikan keadaan darurat, dan lainya yang kelak keterampilan ini akan sangat berguna pada saat menyelam. Semuanya akan lakukan bersama teman-teman sekelas dalam suasana yang santai dan nyaman. Materi kolam peserta diwajibkan untuk berenang sejauh 800 meter fin swimming sebelum mereka menggunakan alat scuba. Pelatihan kolam terdiri dari beberapa praktek diantaranya adalah:

  1. Teknik snorkeling dan free diving.
  2. Membuat perencanaan penyelaman tanpa dekompresi.
  3. Perakitan peralatan scuba untuk persiapan menyelam.
  4. Pembongkaran dan perawatan peralatan scuba pasca menyelam.
  5. Prosedur buddy system untuk pemeriksaan keselamatan sebelum menyelam. Pastikan bahwa anda dan buddy telah bekerjasama dengan baik untuk memeriksa semua peralatan scuba satu sama lain telah terpasang dengan benar dan berfungsi dengan baik.
  6. Hands signal standar untuk digunakan komunikasi dibawah air dengan buddy terutama untuk kondisi darurat.
  7. Metode water entry – Metode Wading Entry, Metode Giant Stride, Metode Backroll dll.
  8. Regulator Clearing – Teknik untuk melepas regulator anda dibawah air.
  9. Masker Clearing – Teknik untuk membersihkan masker dari pengembunan lensa di bagian dalam masker ketika di bawah air.
  10. Penggunaan sumber udara alternatif (octopus) milik Buddy. Skenario untuk kerusakan alat regulator ketika di bawah air mulai dari hand signal kepada buddy, mengambil octopus milik buddy dan naik kepermukaan bersama buddy dengan aman.
  11. Buddy Breathing – Pernapasan bersama buddy dengan satu sumber udara (moutpiece atau octopus). Simulasi situasi darurat untuk berlajar berbagi satu sumber udara dengan buddy dan belajar untuk naik dengan aman saat melakukan buddy breathing.
  12. Bouyancy Control – Teknik untuk mengatur daya apung ketika di dalam air dengan menggunakan BCD (Bouyancy Compensator Device) dan tanpa BCD/secara alamiah ketika situasi inflator tidak berfungsi dengan baik.

Open Water Session peserta dibawah pengawasan instruktur akan mempraktekan penyelaman yang sesungguhnya dengan berbekal kemampuan yang telah dipelajari di kolam renang. Instruktur akan memilihkan perairan yang tenang, jernih dan kaya akan terumbu karang demi kenyamanan peserta. Kami menjamin bahwa peserta akan sangat menikmati diving course pada sesi ini. Kita juga akan membekali diri dengan latihan simulasi keadaan darurat, dengan demikian maka anda akan menjadi seorang penyelam yang SAFE.

IMG_1350 IMG_1411 IMG_1442 IMG_1470 IMG_1577 IMG_2099 IMG_2147 DSCN6139 DSCN6300 DSCN6406 DSCN6435 IMG_1748